About

Laman

Sabtu, 27 Juli 2013

KALENDER PENDIDIKAN MIN WANTISARI TAHUN 2013-2014



PENJELASAN KEGIATAN KALENDER PENDIDIKAN
KKM MIN WANTISARI
Tahun Pelajaran 2013/2014



1. Bulan Juli
    a. Kepala Madrasah berkewajiban membuat program  yang mencakup :
q  Rencana Kerja
q  Kalender Pendidikan/Akademik
q  Perencanaan Proses Pembelajaran
q  Pelaksanaan Proses Pembelajaran
q  Penilaian Hasil Pembelajaran
q  Pengawasan Proses Pembelajaran
q  Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Satuan Pendidikan

              Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Satuan Pendidikan, meliputi :
q  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
q  Struktur Organisasi Satuan Pendidikan
q  Pembagian Tugas diantara Pendidik dan Tenaga Kependidikan
q  Peraturan Akademik
q  Tata Tertib Satuan Pendidikan (Tata Tertib Pendidik, Tenaga  Kependidikan dan Peserta Didik).
q  Tata Tertib, Pengaturan Penggunaan dan Pemeliharaan Sarana  Prasarana.
q  Kode Etik Hubungan Antara sesama warga di dalam lingkungan  satuan pendidikan dan hubungan antara warga satuan pendidikan dengan masyarakat

       b. Bentuk-bentuk kegiatan masa orientasi peserta didik.
q  RA/BA dan MI
q  Untuk Kelas I diisi dengan kegiatan Pengenalan Madrasah         
q  Sosialisasi
q  Cara Belajar (belajar sambil bermain)
q  Kumpulan data kepentingan Tata Usaha Madrasah dan Komite Madrasah seperti angket orangtua, dan pengisian catatan kumulatif yang lazim disebut Buku Laporan Pribadi atau Buku Induk Peserta Didik.
q  Kegiatan Keagamaan       
               
Kelas II s.d. kelas VI dapat diadakan kegiatan yang bersifat konstruktif dan edukatif sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik antara lain
q  Penyusunan Pengurus Kelas;
q  Pengenalan Warga Kelas;
q  Menciptakan kegiatan yang dinamis di kelas dengan dipandu wali kelas;
q  Kelompok belajar;
q  Pembenahan 7 K;
q  Kegiatan Keagamaan.

Pada bulan juli bisa dimulai pendalaman materi UN berdasarkan SKL tahun yang lalu sambil menunggu SKL yang terbaru dengan ketentuan
q  Telaah SKL UN
q  Penjabaran SKL UN
q  Penyusunan materi berdasarkan kemampuan yang diuji
q  Penyusunan indikator soal
q  Penyusunan soal
q  Melakukan uji kompetensi secara hirarkis dan berurutan

PENDALAMAN MATERI UN PADA KELAS AWAL
  1. Melakukan analisis SK dan KD mapel UN pada materi yang esensial yang berorientasi pada SKL UN.
  2. Melakukan pemetaan SK dan KD yang dijabarkan dalam bentuk materi.
  3. Menjabarkan indikator-indikator menjadi kemampuan yang diuji untuk menjadi kisi-kisi soal dan   menjabarkan dalam bentuk soal.
  4.  Pembelajaran diarahkan bukan pada menghafal pengetahuan tetapi kepada pemahaman konsep dan penguasaan konsep.
  1. Keberhasilan pendidikan sebagai suatu sistem sangat ditentukan oleh proses pembelajaran yangberlangsung.
  2.  Unsur guru merupakan unsur yang dinamis untuk melakukan perubahan menuju kepada pencapaian tujuan pembelajaran.
  3. Guru harus mengaktifkan siswa untuk belajar dengan pembelajaran bermakna dan menyenang- kan.
  4. Guru dituntut memiliki kompetensi
  1. Soal UH – UTS- UAS dan ulangan kenaikan kelas berorientasi pada materi esensial yang telah dibuat sesuai indikator/kemampuan yang diuji pada SKL UN, sesuai dengan kelas dan semester.
  2.  Menentukan kriteria ketuntasan diatas rata-rata nilai kelulusan, UN sebab nilai semesteran akan menjadi bagian penentu kelulusan.
  3.  Melakukan remidi,perbaikan dan pengayaan.
        12. Kegiatan bulan Ramadhan
q  Kegiatan pembelajaran ( minggu efektif, sbb sdh termasuk hitungan hitungan minggu efektif )
q  Kegiatan bulan Ramadhan ( bukan minggu efektif )
a. Pemahaman dan pendalaman agama
b. Penghayatan akhlak mulia
c. Kegiatan amaliyah Ramadhan





q  Memadukan kegiatan Pembelajaran dan bulan Ramadhan ( Laporan kegiatan )
               Contoh kegiatan bulan Ramadhan
- Pesantren kilat                                               - Sholat berjamaah
- Tadarus                                                              - Sholat tarawih
- buka bersama                                                 - Tadharus Al-Qur’an
              - Diskusi/ Seminar                                              - Kajian Kitab

2. Bulan Agustus
q  Kegiatan Pembelajaran
q  Kegiatan Peringatan 17an ( rambu2 hari effektif )
q  Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI
q  Kegiatan bulan Ramadhan
q  Shalat Idhul Fitri
q  Bhakti Sosial
q  Akhir hari raya Idul Fitri
 
3. Bulan September
q  Kegiatan Pembelajaran

4. Bulan Oktober
q  Kegiatan pembelajaran Ulangan Tengah Semester Gasal
q  Jadwal diatur satuan pendidikan
q  Ulangan disesuaikan dgn karakteristik mapel dan mulok
q  Jadwal disesuaikan dgn alokasi jam pembelajaran
q  Menguji SK/KD yang telah disampaikan
q  Penyusunan soal mapel UN bebas
q  Penyusunan soal UN berbasis pada SKL UN
q  Kegiatan pembelajaran
q  Libur Hari Raya Idul Adha
q  Kegiatan Idul Adha
        Ulangan Akhir Semester Gasal Catatan :
q  penyusunan jadwal berbasis jam pelajaran maksimal 6 jam
q  penyusunan soal minal C3

5. Bulan November
q  Kegiatan pembelajaran
q  Libur tahun baru Hijriah 1435 H

6. Bulan Desember
q  Mapel UN penyusunan soal berbasis SKL UN
q  Remidi
q  Klasmeeting
q  Pengolahan & pengisian nilai laporan hasil belajar peserta didik ( mengikuti petunjuk pedoman pengisian laporan hasil belajar peserta didik /keputusan Direktur Jenderal Pendidikan dasar dan menengah   Depdiknas No     12/c/KEP/TU/2008
q  Rambu 2 dalam penilaian akhlak mulia & kepribadian
q  Rambu 2 dalam penilaian pencapaian kompetensi
q  Kegiatan-Kegiatan Liburan selama 2 Minggu
              Ulangan Akhir semester gasal
q  Jadwal dibuat Satuan Pendidikan
q  Jadwal disesuaikan dengan alokasi jam  pembelajaran.
q  Alokasi waktu ulangan semester disusun berdasarkan dengan alokasi jam pelajaran
q  Menguji SK/KD pada semester gasal
q  Ulangan disesuaikan dengan karakteristik mapel & mulok
               Kegiatan Kegiatan Liburan 2 Minggu
q  Telaah SKL UN
q  Penjabaran SKL UN
q  Penyusunan materi berdasarkan kemampuan yang diuji
q  Penyusunan indikator soal
q  Penyusunan soal
q  Hasil diberi contoh soal sesuai petunjuk pos
q  Masuk pertama semester genap atau II

7. Bulan Januari
q  Peringatan HAB Depag
q  Kegiatan Pembelajaran
q  Kegiatan pendalaman materi UN untuk SKL tahun ajaran 2013/2014
                RAMBU-RAMBU DALAM PENDALAMA MATERI
  1. Pendalaman materi dimulai dari pemahaman dan penguasaan materi mapel UN dari indikator yang ada di SKL bisa dilakukan melalui les atau tambahan jam pelajaran.
2.       Melakukan uji kompetensi tiap-tiap kemampuan yang diuji minimal tiap satu kemampan yang diuji sepuluh soal
  1. Menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) tiap-tiap kemampuan yang diuji
  2. Melakukan remidi kepada peserta didik yang belum tuntas dan melakukan pengayaan bagi yang sudah tuntas
  3. Melakukan pendalaman materi berikutnya
  4.  
q  Perkiraan libur umum hari raya Imlek
q  Perkiraan libur mauled Nabi Muhammad SAW

8. Bulan Pebruari
q   Kegiatan Pembelajaran

9. Bulan Maret
q  Kegiatan pembelajaran
q  Kegiatan ulangan tengah semester genap
q  Perkiraan hari raya Nyepi Tahun saka 1936

10. Bulan April
q  Kegiatan Pembelajaran
q  Perkiraan kegiatan UAMBN utama dan susulan
q  Perkiraan UM utama dan susulan
q  Wafat Yesus Kristus
q  Hari Paskah

11. Bulan Mei
q  Kegiatan pembelajaran
q  Perkiraan Kegiatan UN utama dan susulan untuk MI
q  Perkiraan libur umum hari raya waisak
q  Perkiraan libur umum isro mi’roj Nabi Muhammad SAW

12. Bulan Juni
q  Ulangan kenaikan kelas
q  Kegiatan remidi, pengolahan nilai LHB
q  Pembagian LHB
q  Libur kenaikan kelas

PEDOMAN PENULISAN IJAZAH MI, MTs, MA TAHUN 2013